Program Kepengurusan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJLSBU) Provinsi Jambi Masa Bhakti 2022 – 2027

Musyawarah Daerah (Musda) II Pembentukan Kepengurusan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) Provinsi Jambi Masa Bhakti 2022 - 2027 dibentuk. Kegiatan ini langsung dihadiri Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H dan perwakilan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Forum TJSLBU Provinsi Jambi (09/03). Ketua Panitia yang juga Kadinsos Dukcapil Provinsi Jambi, Arief Munandar, SE dalam sambutannya mengatakan, latar belakang kegiatan ini adalah komitmen badan usaha untuk meningkatkan lingkungan yang bermanfaat, bukan saja bagi badan usaha namun juga bagi masyarakat sekitar.

Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H dalam sambutannya mengungkapkan, pihaknya siap membantu perusahaan dari segi apapun, agar perusahaan dapat menjalankan usahanya dengan baik.

Direktur Utama Bank Jambi, Dr. H. Yunsak El Halcon, S.H.,M.Si yang akrab disapa Bang El terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) Provinsi Jambi Masa Bakti 2022 - 2027. Dalam sambutannya Bang El menyatakan kesiapannya menjadi Ketua Forum TJSLBU Provinsi Jambi Masa Bakti 2022 - 2027.

"Karena tugas mulia kami siap, Selain itu keberadaan Forum TJSLBU Provinsi Jambi untuk melakukan sinkronisasi program dengan program-program yang dimiliki gubernur, bupati/walikota." tegas Bang El Kamis (10/3). Dirinya pun ingin bersama-sama untuk membangun Forum TJSLBU Provinsi Jambi lebih eksis lagi dan lebih berkontribusi bagi Provinsi Jambi.

Usai terpilih menjadi Ketua Forum TJSLBU Provinsi Jambi, Dr. H. Yunsak El Halcon, S.H.,M.Si langsung berkoordinasi dengan Pemprov Jambi melalui Coffee Morning yang dilaksanakan di Ruang Peranginan Rumah Dinas Gubernur Jambi untuk bersinergi terkait program-program Jambi Mantap dibawah kempemimpinan Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos,M.H dan Wagub Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I, yang nantinya dapat dilaksanakan oleh Forum Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) Provinsi Jambi. Dalam kegiatan ini juga hadir pimpinan badan usaha se-Provinsi Jambi.

Bang El menerangkan, untuk dana yang dimiliki Forum TJSLBU Provinsi Jambi diperlukan sinergi dan kolaborasi perusahaan yang ada di Jambi dengan pemprov, pemkab/pemkot, serta perguruan tinggi seperti Unja dan UIN STS Jambi. "50 persen dana TJSLBU Provinsi Jambi, akan disenergikan dengan program OPD terkait yang masuk dalam APBD dan APBN untuk kepentingan masyarakat Propinsi Jambi, yang rentan akan kemiskinan, bencana dan kesehatan, stunting, putus sekolah dan UMKM untuk program Forum TJSLBU Provinsi Jambi kedepan," kata Bang El (31/3).


 “Perlu komitmen Bersama dari pelaku usaha di Provinsi Jambi, kita akan himpun bersama dalam bentuk kolaborasi kegiatan, bisa juga dana yang kita realisasikan dalam bentuk barang, sehingga dapat menyelaraskan program Jambi Mantap. Ini akan kita komunikasikan dengan pimpinan badan usaha yang tergabung dalam Forum TJSLBU Provinsi Jambi,” jelasnya.

Dalam pertemuan ini gubernur diwakilkan Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, S.H.,M.H ini, bahwa nantinya akan dilakukan pertemuan lanjutan, bahkan gubernur meminta pengukuhan Forum TJSLBU Provinsi Jambi dapat dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H melalui Sekda, H. Sudirman, S.H.,M.H mengapresiasi Forum TJSLBU Provinsi Jambi,karena berupaya berbuat banyak bagi Provinsi Jambi. “Seringkali program pembangunan Pemprov sulit terealisasi yang disebabkan keterbatasan jumlah APBD, sehingga program kegiatan yang telah disiapkan dari awal menjadi terganggu. Kami harap adanya kontribusi dari Forum TJSLBU, karena cukup banyak yang bisa kita realisasikan dari program Forum TJSLBU Provinsi Jambi,” papar Sekda.

Nantinya program-program Jambi Mantap setidaknya terdapat beberapa program yang dapat direalisasikan oleh Forum TJSLBU Provinsi Jambi.
“Kita bisa gotong royong menyelesaikan program tersebut, nanti bisa label Forum TJSLBU Provinsi Jambi yang dibuat berdasarkan program Forum TJSLBU Provinsi Jambi, yang jelas ketika direncanakan dengan baik maka akan menghasilkan yang baik juga,” tandas Sudirman.

"Semoga forum ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, peningkatan kapasitas SDM dengan nilai kolaborasi, transparansi dan akuntabilitas, sebuah kehormatan dan komitmen penuh dari Pemprov Jambi, terhadap keberadaan forum ini. Diharapkan kegiatan ini bisa dijadikan semangat untuk berkolaborasi, agar dapat mendukung program prioritas gubernur." tambah Alvin Sandy Sekretaris Forum TJLSBU Provinsi Jambi.